Jurusan / Program Studi :
Pendidikan Teknologi Informasi
Nama Mata Kuliah / Kode : Dasar
Bimbingan Karier
Semester / Kelas : I (Satu)
/ I
Beban Kredit :
2 sks
Dosen / Pengajar : Rizka
Mahendra Putra, M.Kom
Tahun Perkuliahan : Gasal/2016-2017
1. Deskripsi Mata Kuliah
Dalam mata kuliah ini menyajikan tentang konsep dasar
bimbingan karier. Pembelajaran yang diselenggrakan melalui mata kuliah ini dimaksudkan untuk membentuk kompetensi mahasiswa
dalam memahami konsep dasar bimbingan karier (sejarah bimbingan karier; hubungan antara
jabatan, pendidikan dan karier serta kedudukan
bimbingan karier; pengertian karier dan
bimbingan karier, tujuan dan
fungsi bimbingan
karier; prinsip-prinsip bimbingan
karier; penyelenggaraan dan paket-paket bimbingan karier), teori perkembangan karier;
program
bimbingan karier di sekolah.
2. Tujuan Perkuliahan
Dasar Bimbingan Karier merupakan mata kuliah yang diselenggarakan
sebagai upaya untuk membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep
mengenai pemahaman diri
terkait dengan perkembangan karier.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keilmuan dan berkarya (MKB) yang
wajib diikuti oleh mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Teknologi
Informasi. Melalui mata kuliah Dasar Bimbingan Karier diharpakan mahasiswa
dapat memahami secara konseptual tentang bimbingan dan konseling karier, sehingga mahasiswa sebagai
calon pendidikan dapat
menyalurkan peserta didiknya sesuai dengan bakat minat yang
dimilikinya,
sehingga dapat meminimalisir permasalan yang
akan timbul terkait dengan
perkembangan karier,
dan dapat membuat program bimbingan karier di sekolah.
3. Kepustakaan
1.
Bimo Walgito, (2010) Bimbingan
dan
Konseling (studi dan
karier).
2.
Mamat
supriatna, (2009) Layanan Karier
di Sekolah Menengah.
3.
Uman Suherman (modul) Konseling Karier Sepanjang Rentang Kehidupan. Surya M, (1984)
Pengantar Bimbingan
Karier.
4. Kegiatan Perkuliahan
Kegiatan perkuliahan terdiri atas presentasi yang
dilakukan oleh pengajar dan mahasiswa yang dilakukan secara berkelompok yang
kemudian diikuti dengan tanya jawab atau diskusi. Setiap presentasi diharapkan dapat disertai
dengan ringkasan 4-5 halaman mengenai materi yang sedang dibahas. Pada saat
presentasi peragaan dengan transparan atau power-point sangat diharapkan.
Materi yang dibahas selama masa perkuliahan meliputi topik-topik berikut :
No
|
Waktu
|
Materi
|
Keterangan
|
P.1
|
|
Orientasi Perkuliahan:
membahas
silabus
perkuliahan tentang tujuan,
ruang lingkup
dan
prosedur perkuliahan, serta system penilaian.
|
Ceramah,
diskusi, Tanya
Jawab/Dosen
|
P.2
|
|
Konsep dasar bimbingan karier:
Sejarah bimbingan
karier dan kedudukan bimbingan
karier dalam pendidikan formal
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
1
|
P.3
|
|
Konsep dasar
bimbingan karier:
pengertian karier dan bimbingan
karier
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
2
|
P.4
|
|
Konsep dasar
bimbingan karier:
tujuan,
fungsi dan prinsip-prinsip bimbingan
karier.
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
3
|
P.5
|
|
Konsep dasar
bimbingan karier:
penyelenggaraan dan paket-paket
bimbingan karier
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
4
|
P.6
|
|
Observasi program karier di
Sekolah
|
Semua
kelompok
|
P.7
|
|
Ujian Tengah Semester
|
|
P.8
|
|
Teori-teori karier:
Teori Super
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
5
|
P.9
|
|
Teori-teori karier: Teori Trait and
Factor
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok 6
|
P.10
|
|
Teori-teori karier:
Teori Kepribadian
dari Holland
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
7
|
P.11
|
|
Perkembangan dan kematangan
karier anak-anak
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
8
|
P.12
|
|
Perkembangan dan kematangan
karier remaja
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
9
|
P.13
|
|
Perkembangan dan kematangan
karier dewasa
|
Ceramah,
diskusi, Kelompok
10
|
P.14
|
|
Program bimbingan karier
|
Individu
|
Ujian Akhir
Semester
|
5. Tugas - Tugas Mahasiswa
Agar mahasiswa dapat mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan, maka mahasiswa diwajibkan.
a.
Menyelesaikan Tugas
Kelompok
Ø Membuat makalah berdasarkan teori-teori karier (teori Super,
teori Trait and Factor, teori Kepribadian dari Holland, teori Belajar
Sosial, teori Sosial Ekonomi).
Dikumpulkan pada waktu UTS, prosedur penulisan kertas A4, 1,5 sapasi, margin 4 - 4 – 3
– 3. Time News Roman,
Sampul warna biru.
Ø Pembuatan materi yang di
presentasikan dalam pertemuan
Ø Observasi lapangan
b. Menyelesaikan Tugas Individu
Ø Membuat resum materi
setiap
pertemuan
Ø Membuat
program bimbingan karier.
Dikumpulkan sebelum UAS
c.
Membaca bab-bab yang ditugaskan sebelum kuliah dimulai.
d.
Aktif berpartisipasi dalam perkuliahan: hadir
sekurang-kurangnya 70%, aktif bertanya atau menjawab pertanyaan.
e.
Menyusun ikhtisar presentasi beserta power pointnya,
menyajikan bahan presentasi dan menjawab pertanyaan.
f.
Mengerjakan tugas individu dan kelompok.
g.
Menempuh Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir
Semester (UAS).
6. Penilaian
Penilaian didasarkan pada tiga komponen penilaian:
presentasi, tugas individu dan tes/ujian dengan bobot 30%, 30% dan 40%. Nilai minimum lulus adalah C. Mahasiswa yang karena satu atau lain hal
tidak menyerahkan tugas sampai batas waktu yang ditetapkan akan diberikan nilai
BL (belum lengkap). Kalau tugas yang
diwajibkan belum diserahkan sampai akhir semester berikutnya, nilai BL secara
otomatis akan diganti menjadi nilai TL (tidak lulus) dan mahasiswa yang
bersangkutan harus mengulang kuliah ini pada tahun berikutnya.
Situbondo,
26 September 2016.
Mahasiswa Pengajar,
(_______________________) Rizka Mahendra Putra, M.Kom
Mengetahui
Ketua
Prodi. PTI
Ali Hasan, M.Kom.
0 komentar:
Post a Comment